THEM

Popular Posts

Monday, April 8, 2013


Tips- Tips Menjaga Kesehatan Mata

Doc. Chopper
Organ-organ tubuh sangatlah penting perannya dalam kehidupan sehari-hari kita. Mulai rambut hingga ujung kaki, merupakan bagian tubuh yang digunakan untuk melakukan pekerjaan dan aktifitas manusia. Dari sekedar melihat hingga berlari, kita membutuhkan organ-organ tubuh yang memiliki peranny
a masing-masing dalam kehidupan manusia. Salah satu organ tubuh manusia yang vital dan besar perannya adalah bola lensa yang ada di kepala kita, yakni mata. Sangatlah sulit menjalani aktifitas kebutuhan sehari-hari tanpa mata yang menjadi sentral visual manusia.
Melihat kondisi lingkungan saat ini memang telah membuat kita menghela nafas dalam, pasalnya banyak kerusakan dan pencemaran lingkungan yang sudah sangat parah. Dan yang paling mengancam kesehatan mata adalah pencemaran udara dan radiasi sinar cahaya. Banyaknya polusi dan debu beterbangan, kini seakan menggantikan oksigen yang kita hirup di sepanjang jalan-jalan raya bahkan sampai lingkungan rumah, hingga merusak kesehatan mata. Kondisi lingkungan tempat kita hidup, baik di darat maupun udara  tak lagi menyehatkan mata.  Jadi, sudah menjadi kewajiban untuk menjaga dan merawat kesehatan mata.
Berikut tips-tips untuk tetap menjaga mata kita dalam kesehatan terbaiknya:
1.       Makanan yang sehat
Mengkonsumsi makanan yang sehat adalah sebuah keharusan. Namun banyak diantara kita yang hanya mengedepankan sisi rasa dan selera, sehingga mengindahkan kandungan gizi didalamnya. Menjaga dan merawat kesehatan mata, juga dimulai dari pola makan kita. Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C dan E, dapat meningkatkan kesehatan mata. Unsur vitamin tersebut dapat ditemui pada buah dan sayuran seperti melon, pepaya, belimbing, pisang, wortel, bayam, kangkung, labu kuning dan ubi jalar merah. Bagi pecinta seafood disarankan untuk mengkonsumsi ikan salmon, karena ikan yang memiliki kandungan vitamin dan gizi terlengkap ini mengandung asam lemak omega 3 dan asam amino yang menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makular, mata kering, dan keletihan mata.

2.       Say no to bad habitual life
Jauhi kebiasaan hidup yang buruk seperti begadang, beraktivitas di depan cahaya terlalu lama dan tanpa istirahat, makan tidak teratur, merokok dan meminum minuman beralkohol. Kebiasaan buruk tersebut sebetulnya mempengaruhi kesehatan seluruh organ-organ tubuh manusia bukan hanya mata. Akibat kebiasaan begadang atau terlambat istirahat, dapat membuat mata lelah, karena urat / otot mata yang seharusnya di-istirahatkan, dipaksa untuk terus  beraktivitas. Selain begadang, merokok juga merupakan kebiasaan yang paling mengancam kesehatan mata. Menurut para ilmuwan kesehatan, dampak dari merokok dapat membuat mata terkena katarak, degradasi makula (terkikisnya ketajaman mata) dan kerusakan syaraf akibat kerusakan organ dalam tubuh. Sedangkan minuman beralkohol dapat memberikan dampak ketidakstabilan pada reaksi pupil mata, yang menyebabkan pandangan kabur hingga rabun mata.
3.       Pemeriksaan mata rutin
Ternyata penyebab kurang sehat-nya mata disebabkan juga oleh stress akibat beban hidup atau pekerjaan. Dianjurkan untuk memeriksakan mata secara rutin minimal 1 bulan sekali,  agar terhindar dari penyakit yang mengancam kesehatan mata.

4.       Senam mata
Setelah beberapa saat melakukan aktivitas di dipan komputer, televisi atau media yang mengeluarkan cahaya, lakukanlah relaksasi sejenak seperti senam mata. Cara senam mata adalah dengan membuka mata lebar-lebar, kemudian putar bola mata ke atas, bawah, kiri dan kanan selama dua detik dan tutup mata perlahan lalu ulang senam mata tadi. Dengan begitu akan mengurangi dapat stress pada mata akibat radiasi cahaya matahari atau dari media elektronik.
5.       Identifikasi catatan kesehatan mata
Ada kemungkinan penyakit mata bisa muncul karena adanya faktor keturunan. Oleh sebab itu, alangkah lebih baiknya kita mengetahui sejarah kesehatan mata dalam keluarga. Dengan begitu kita dapat mencegah penyakit keturunan dapat muncul dan mengkonsultasikannya pada dokter.

6.       Pelindung Mata
Pakailah pelindung mata pada saat beraktivitas, supaya mata terlindung dari sinar matahari berlebih, asap maupun debu. Banyak produk kaca mata yang dirancang untuk melindungi mata dari cedera mata. Perlu diperhatikan, hindari penggunaan sunglasses hanya untuk kebutuhan modis.

7.       Istirahat cukup
Mata manusia membutuhkan istirahat yang cukup, agar kesehatan mata terjaga. Hindari menonton tv terlalu lama, atau beraktivitas di depan komputer berjam-jam. Dengan demikian otot-otot mata dapat beristirahat tidak terlalu lama tegang.

8.       Jangan gosok mata
Hal ini sering tidak di-indah-kan oleh banyak orang, ketika ada benda luar masuk ke dalam mata jangan menggosok atau mengucek mata tersebut, karena akan merusak lensa luar mata. Bayangkan jika yang masuk ke mata kita adalah debu yang keras, maka mata kita akan terkoyak jika menguceknya. Sebaiknya ambil air bersih kemudian sterilkan mata dengan air.

9.       Jangan menyentuh mata
Hindari menyentuh mata dengan tangan yang kotor, sebab akan mengakibatkan pemindahan bakteri atau virus yang terdapat di tangan ke mata. Untuk langkah lebih berhati-hati sebaiknya jangan menyentuh mata dengan tangan langsung walau tangan terkesan dalam keadaan bersih.

10.   Jarak pandang
Penting sekali untuk membiasakan diri menjaga jarak pandang saat sedang berada di depan tv. Seperti jarak yang ideal adalah 2,5-3 meter di depan tv. Hindari menonton dalam suasana gelap, karena cahaya yang diterima mata akan lebih berat. Hidupkan lampu atau alat penerangan di kala sedang menonton. Setelah menonton lebih dari 40-70 menit isitirahatkan mata dengan memejamkan mata sejenak atau melihat ke objek yang memiliki ruang lingkup jauh dan luas. Terapkan pula kebiasaan membaca dengan jarak yang tidak terlalu dekat, minimal 30 cm dalam posisi duduk relaks. Sumber penerangan atau cahaya sebaiknya dari arah belakang atau samping . Jangan lupa untuk mengistirahatkan mata dengan memejamkannya sejenak.

No comments:

Post a Comment