Strategi Marketing Melalui Dunia Maya
Jakarta, Bisnis Global
(Edisi September) - Saat ini perhatian utama masyarakat dunia tertuju
pada uang. Hal ini menyulitkan bagian marketing untuk menarik perhatian
target pasar. Dalam situasi seperti ini kita tidak hanya dihadapkan
pada perusahaan besar yang memiliki departemen pemasaran dengan
pendanaan yang cukup baik, tetapi juga dihadapkan pada media sosial dan
gangguan-gangguan lain yang mengalihkan perhatian pasar dari produk yang
kita ditawarkan. Namun demikian bukan berarti upaya pemasaran perlu
biaya begitu banyak atau menjadi terlalu dramatis.
Dengan semakin majunya perkembangan
teknologi, dunia maya merupakan salah satu media penting dalam dunia
marketing. Kenapa dikatakan begitu?
Dunia Maya sebagai Media Marketing
Dunia maya sudah menjadi salah satu
strategi dunia marketing. Apabila dilihat dari pengertiannya, marketing
atau pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang
bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam
kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran
dimulai dari pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi
keinginan manusia. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan
manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan
produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place),
dan mempromosikan barang (promotion).
Berdasarkan definisi di atas proses
pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. Yang
akhirnya pemasaran memiliki tujuan yaitu :
- Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
- Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
- Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
Dengan memahami tujuan dan konsep
dari pemasaran ini serta dikaitkan dengan makin maraknya pengguna dunia
maya pada masa sekarang ini, kita bisa memanfaatkannya sebagai media
marketing melalui sebuah sarana yang disebut web site atau situs web
atau sering disebut situs. Situs merupakan sejumlah halaman web yang
memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan
berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya.
Sudah banyak kita jumpai situs-situs yang
memang mengkhususkan fungsinya sebagai situs pemasaran, baik berupa
produk elektronik, property maupun makanan dan minuman. Salah satu
contoh situs property terkenal pada saat ini adalah www.rumah123.com.
Dengan adanya situs ini banyak para pencari property yang dapat secara
langsung memperoleh informasinya melalui situs tersebut.
Selain itu banyak juga situs yang berjualan secara online seperti www.berniaga.com, www.tokobagus.com
dan masih banyak lagi yang menyajikan kebutuhan manusia. Hal ini sudah
menggambarkan bahwa situs adalah salah satu media marketing yang makin
banyak digunakan perusahaan-perusahaan baik dari perusahaan kecil,
menengah maupun perusahaan besar sekalipun. Langkah ini dilakukan
perusahaan karena akan mempersingkat waktu dalam hal komunikasi seorang
pemasar sebelum terjun langsung bertemu dengan konsumennya/kliennya.
Dengan adanya sebuah situs, konsumen akan mendapatkan sebuah gambaran
mengenai produk yang dicarinya. Apabila sudah sesuai dengan
kebutuhannya, konsumen akan menghubungi langsung perusahaan/penjual yang
menyediakan produk yang ia inginkan.
Situs juga digunakan sebagai sebuah media
pengenalan sebuah perusahaan yang biasanya dikenal dengan nama Company
Profile. Oleh karena itu, situs saat ini menjadi hal yang penting bagi
sebagian besar perusahaan. Untuk mengakses sebuah situs, pada zaman yang
makin canggih seperti sekarang tidak harus duduk di depan PC desktop
dengan jaringan internet yang telah disediakan tetapi melalui mobile
phone pun sekarang sudah bisa, dimana dan kapan pun anda ingin
mengaksesnya.
Dilihat dari segi ekonomis, untuk membuat
situs tidak perlu mengeluarkan kocek terlalu besar. Untuk memperoleh
sebuah domain atau nama situs tidaklah sulit, karena sudah semakin
banyak penyedia domain yang menawarkan harga murah mulai dari Rp
79.000/tahun sampai Rp 300.000/tahun tergantung jenis domainnya (.com,
.biz, .net, .co, .org, .co.id, .or.id dan lain sebagainya). Nama sebuah
situs dapat kita cek langsung secara online apakah masih tersedia atau
tidak. Untuk mengeceknya kita dapat mengunjungi salah satu situs seperti
www.whois.com,
melalui situs tersebut kita dapat mengetahui apakah domain yang kita
inginkan tersebut masih tersedia atau sudah terpakai atau bisa juga
dicek langsung ke situs penyedia domain.
Untuk membuat situs kita tidak hanya
memerlukan sebuah domain tetapi juga server web. Sekarang pun sudah
banyak penyedia layanan jasa sewa server web atau biasa dikenal dengan
hosting. Hosting disini adalah jasa layanan internet yang menyediakan
sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan
organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP,
FTP, Email atau DNS. Apabila dilihat dari segi ekonomis, untuk
memperoleh hosting pun tidaklah terlalu mahal. Salah satu penyedia
hosting di Indonesia menawarkan hosting dengan harga Rp 47.500/bulan
untuk kelas Bisnis dengan kontrak minimal 3 bulan.
Apabila kita kalkulasi selama setahun
untuk sebuah situs sebagai salah satu media marketing hanya dengan
asumsi biaya domain dan hosting Rp 79.000 (domain) + (Rp 47.500 x 12
bulan) Hosting = Rp 649.000/tahun.
Dengan biaya kurang dari 1 juta per
tahun, kita sudah melakukan konsep pemasaran secara dunia maya mulai
dari pengenalan perusahaan, penjelasan mengenai produk, desain produk,
promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai
pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia maya
juga merupakan salah satu media marketing selain dunia nyata hanya
tinggal bagaimana kita memolesnya. Manfaatkanlah teknologi yang ada
untuk menghasilkan yang bermanfaat.
Strategi Pemasaran Di Dunia Maya
Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia maya
juga merupakan salah satu media marketing selain dunia nyata hanya
tinggal bagaimana kita memolesnya. Manfaatkanlah teknologi yang ada
untuk menghasilkan yang bermanfaat. Berikut ini adalah 5 strategi
pemasaran melalui dunia maya
1. Dapatkan dukungan dari selebriti lokal
Banyak pemilik bisnis bermimpi memiliki
produk atau jasa mereka didukung oleh selebriti dunia. Tapi bukannya
mencoba untuk mendapatkan superstar untuk mendukung bisnis Anda, cobalah
mencari seorang selebriti lokal sebagai gantinya.
Siapa sebenarnya selebriti lokal?
Selebriti lokal adalah orang-orang yang telah diberitakan di media atau
koran lokal seperti guru atau penduduk biasa yang telah melakukan
sesuatu yang positif dan layak diberitakan.
Karena mereka berada dalam lingkungan
Anda, selebriti lokal ini relatif mudah untuk mencari dan menghubungi
anda melalui telepon atau e-mail. Biarkan mereka tahu bahwa Anda ingin
mengirim mereka hadiah, yaitu produk atau jasa Anda.
Satu dukungan anda dapatkan. Anda
tinggal menindaklanjuti dengan mereka dalam beberapa hari untuk
mendapatkan umpan balik yang jujur dari mereka. Tanggapan mereka dapat
membuat sesuatu yang berguna untuk konten pemasaran produk anda.
2. Buat Grup LinkedIn
LinkedIn memberikan kebebasan dan
kemudahan untuk membuat group. Ini memungkinkan Anda untuk menawarkan
jaringan profesional Anda, sumber daya informasi yang berguna semua
sambil mengarahkan lalu lintas atau traffic kunjungan ke situs anda dan
meningkatkan penjualan.
Memang memakan waktu untuk mendapatkan
suatu perkembangan atau peningkatan. Namun melalui group ini anda bisa
memulai diskusi tentang topik-topik yang dapat bermanfaat dan
menguntungkan anggota group serta anda sendiri. Grup Linkedin juga bisa
menjadi tempat bagi anggota group untuk menjalin hubungan dan membuat
jaringan dengan profesional lain secara online.
3. Dapatkan publikasi di blog niche
Meskipun mungkin sulit untuk mendapatkan
ruang di sampul depan sebuah majalah terkenal, melalui media maya Anda
dapat membuat peluang pemasaran dengan ditampilkannya produk anda dalam
blog niche populer.
Dalam hal ini anda hanya perlu
mengidentifikasi 3-5 blog yang pembacanya merupakan target pasar anda,
selanjutnya anda dapat menghubungi pencipta atau pemilik blog-blog
tersebut dan menawarkan beberapa ide tentang bagaimana Anda ingin
menyampaikan sesuatu kepada pembaca nya. Dalam hal ini anda dapat:
- Menawarkan kepada pemilik blog niche beberapa produk atau layanan gratis yang dapat mereka berikan kepada para audiens atau pembaca blog mereka sebagai hadiah. Hal ini berbeda dari review produk yang hanya menawarkan informasi.
- Mengirimkan tulisan blog yang menjelaskan tentang bagaimana para pemilik atau penulis blog sangat membantu para pembaca mereka.
- Melakukan interview atau wawancara kepada pemilik blog tentang blog mereka dan situs anda. Hal ini akan bisa menarik pemilik blog untuk mempromosikan konten Anda karena mereka merasa anda sebagai pemerhati blog mereka.
4. Membuat video untuk YouTube
Dengan lebih dari 800 juta pengunjung per bulan, YouTube
bisa menjadi platform yang kuat untuk pemasaran bisnis online. Untuk
melakukannya, cukup dilakukan dengan membuat dan mem-posting video dari
produk atau layanan jasa Anda.
Namun demikian, Video pemasaran yang Anda buat harus mencakup unsur-unsur berikut:
- Sebuah judul dengan kata kunci yang tepat,
- Sebuah pesan editorial yang singkat dan jelas,
- Sebuah ajakan untuk bertindak (memberitahu pengunjung untuk melakukan sesuatu, seperti berlangganan ke saluran Anda).
Untuk membuat video pemasaran, Anda
cukup mengeluarkan sedikit uang untuk kamera kecil (pocket camera),
peralatan pencahayaan dan perangkat lunak editing. Selain itu, untuk
menghemat biaya, Anda juga bisa memanfaatkan kamera yang ada pada
smartphone Anda untuk membuat suatu video.
Untuk mengedit video, jika Anda memiliki
Mac, misalnya, Anda harus sudah memiliki iMovie dalam aplikasi Anda.
Bahkan jika Anda tidak memiliki Mac sekalipun, Anda dapat menemukan
perangkat lunak online gratis atau pun menyewa editor profesional.
5. Menulis e-buku tentang Industri Anda
Melalui e-book, Anda tidak lagi
membutuhkan perusahaan penerbitan atau puluhan juta rupiah untuk
mendistribusikan buku pemasaran anda. Tujuan menulis dan meng-upload
e-booka bukan untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan buku langsung
tapi menggunakan e-book sebagai media pemasaran serta untuk mendorong
pembaca untuk mengunjugi situs web Anda untuk mendapatkan informasi
lebih lanjut tentang produk atau jasa anda.
Bagi pengusaha yang tidak memiliki waktu
untuk menulis e-book, penulisan e-book bisa dilakukan dengan cara
menyewa atau memanfaatkan jasa penulis profesional seperti Atok Sugiato
atau lainnya yang dapat membantu Anda mengkonversi posting blog atau
rekaman audio produk anda ke format buku.
Untuk harga e-book pemasaran anda yang
anda jual, misalkan anda upload di Amazon, anda cukup menetapkan harga
yang terjangkau misalkan Rp. 10.000 hingga Rp. 50.000 ($1-$5), atau
bahkan anda gratiskan jika di download dari situs anda.
Oleh:
Ahmad As'ad
Konsultan IT Warung Edukasi
No comments:
Post a Comment