THEM

Popular Posts

Wednesday, September 11, 2013

Strategi Marketing Melalui Dunia Maya

Ahmad As'ad
Ahmad As'ad
Jakarta, Bisnis Global (Edisi September) - Saat ini perhatian utama masyarakat dunia tertuju pada uang.  Hal ini menyulitkan bagian marketing untuk menarik perhatian target pasar. Dalam situasi seperti ini kita tidak hanya dihadapkan pada perusahaan besar yang memiliki departemen pemasaran dengan pendanaan yang cukup baik, tetapi juga dihadapkan pada media sosial dan gangguan-gangguan lain yang mengalihkan perhatian pasar dari produk yang kita ditawarkan. Namun demikian bukan berarti upaya pemasaran perlu biaya begitu banyak atau menjadi terlalu dramatis.
Dengan semakin majunya perkembangan teknologi, dunia maya merupakan salah satu media penting dalam dunia marketing. Kenapa dikatakan begitu?
Dunia Maya sebagai Media Marketing
Dunia maya sudah menjadi salah satu strategi dunia marketing. Apabila dilihat dari pengertiannya, marketing atau pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran dimulai dari pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion).
Berdasarkan definisi di atas proses pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. Yang akhirnya pemasaran memiliki tujuan yaitu :
  1. Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
  2. Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
  3. Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
Dengan memahami tujuan dan konsep dari pemasaran ini serta dikaitkan dengan makin maraknya pengguna dunia maya pada masa sekarang ini, kita bisa memanfaatkannya sebagai media marketing melalui sebuah sarana yang disebut web site atau situs web atau sering disebut situs. Situs merupakan sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya.
Sudah banyak kita jumpai situs-situs yang memang mengkhususkan fungsinya sebagai situs pemasaran, baik berupa produk elektronik, property maupun makanan dan minuman. Salah satu contoh situs property terkenal pada saat ini adalah www.rumah123.com. Dengan adanya situs ini banyak para pencari property yang dapat secara langsung memperoleh informasinya melalui situs tersebut.
Selain itu banyak juga situs yang berjualan secara online seperti www.berniaga.com, www.tokobagus.com dan masih banyak lagi yang menyajikan kebutuhan manusia. Hal ini sudah menggambarkan bahwa situs adalah salah satu media marketing yang makin banyak digunakan perusahaan-perusahaan baik dari perusahaan kecil, menengah maupun perusahaan besar sekalipun. Langkah ini dilakukan perusahaan karena akan mempersingkat waktu dalam hal komunikasi seorang pemasar sebelum terjun langsung bertemu dengan konsumennya/kliennya. Dengan adanya sebuah situs, konsumen akan mendapatkan sebuah gambaran mengenai produk yang dicarinya. Apabila sudah sesuai dengan kebutuhannya, konsumen akan menghubungi langsung perusahaan/penjual yang menyediakan produk yang ia inginkan.
Situs juga digunakan sebagai sebuah media pengenalan sebuah perusahaan yang biasanya dikenal dengan nama Company Profile. Oleh karena itu, situs saat ini menjadi hal yang penting bagi sebagian besar perusahaan. Untuk mengakses sebuah situs, pada zaman yang makin canggih seperti sekarang tidak harus duduk di depan PC desktop dengan jaringan internet yang telah disediakan tetapi melalui mobile phone pun sekarang sudah bisa, dimana dan kapan pun anda ingin mengaksesnya.
Dilihat dari segi ekonomis, untuk membuat situs tidak perlu mengeluarkan kocek terlalu besar. Untuk memperoleh sebuah domain atau nama situs tidaklah sulit, karena sudah semakin banyak penyedia domain yang menawarkan harga murah mulai dari Rp 79.000/tahun sampai  Rp 300.000/tahun tergantung jenis domainnya (.com, .biz, .net, .co, .org, .co.id, .or.id dan lain sebagainya). Nama sebuah situs dapat kita cek langsung secara online apakah masih tersedia atau tidak. Untuk mengeceknya kita dapat mengunjungi salah satu situs seperti www.whois.com, melalui situs tersebut kita dapat mengetahui apakah domain yang kita inginkan tersebut masih tersedia atau sudah terpakai atau bisa juga dicek langsung ke situs penyedia domain.
Untuk membuat situs kita tidak hanya memerlukan sebuah domain tetapi juga server web. Sekarang pun sudah banyak penyedia layanan jasa sewa server web atau biasa dikenal dengan hosting. Hosting disini adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, Email atau DNS. Apabila dilihat dari segi ekonomis, untuk memperoleh hosting pun tidaklah terlalu mahal. Salah satu penyedia hosting di Indonesia menawarkan hosting dengan harga Rp 47.500/bulan untuk kelas Bisnis dengan kontrak minimal 3 bulan.
Apabila kita kalkulasi selama setahun untuk sebuah situs sebagai salah satu media marketing hanya dengan asumsi biaya domain dan hosting Rp 79.000 (domain) + (Rp 47.500 x 12 bulan) Hosting = Rp 649.000/tahun.
Dengan biaya kurang dari 1 juta per tahun, kita sudah melakukan konsep pemasaran secara dunia maya mulai dari pengenalan perusahaan, penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia maya juga merupakan salah satu media marketing selain dunia nyata hanya tinggal bagaimana kita memolesnya. Manfaatkanlah teknologi yang ada untuk menghasilkan yang bermanfaat.
Strategi Pemasaran Di Dunia Maya
Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia maya juga merupakan salah satu media marketing selain dunia nyata hanya tinggal bagaimana kita memolesnya. Manfaatkanlah teknologi yang ada untuk menghasilkan yang bermanfaat.  Berikut ini adalah 5 strategi pemasaran melalui dunia maya
1. Dapatkan dukungan dari selebriti lokal
Banyak pemilik bisnis bermimpi memiliki produk atau jasa mereka didukung oleh selebriti dunia. Tapi bukannya mencoba untuk mendapatkan superstar untuk mendukung bisnis Anda, cobalah mencari seorang selebriti lokal sebagai gantinya.
Siapa sebenarnya selebriti lokal?  Selebriti lokal adalah orang-orang yang telah diberitakan di media atau koran lokal seperti guru atau penduduk biasa yang telah melakukan sesuatu yang positif dan layak diberitakan.
Karena mereka berada dalam lingkungan Anda, selebriti lokal ini relatif mudah untuk mencari dan menghubungi anda melalui telepon atau e-mail. Biarkan mereka tahu bahwa Anda ingin mengirim mereka hadiah, yaitu produk atau jasa Anda.
Satu dukungan anda dapatkan.  Anda tinggal menindaklanjuti dengan mereka dalam beberapa hari untuk mendapatkan umpan balik yang jujur dari mereka. Tanggapan mereka dapat membuat sesuatu yang berguna untuk konten pemasaran produk anda.
2. Buat Grup LinkedIn
LinkedIn memberikan kebebasan dan kemudahan untuk membuat group. Ini  memungkinkan Anda untuk menawarkan jaringan profesional Anda, sumber daya informasi yang berguna semua sambil mengarahkan lalu lintas atau traffic kunjungan ke situs anda dan meningkatkan penjualan.
Memang memakan waktu untuk mendapatkan suatu perkembangan atau peningkatan.  Namun melalui group ini anda bisa memulai diskusi tentang topik-topik yang dapat bermanfaat dan menguntungkan anggota group serta anda sendiri.  Grup Linkedin juga bisa menjadi tempat bagi anggota group untuk menjalin hubungan dan membuat jaringan dengan profesional lain secara online.
3. Dapatkan publikasi di blog niche
Meskipun mungkin sulit untuk mendapatkan ruang di sampul depan sebuah majalah terkenal, melalui media maya Anda dapat membuat peluang pemasaran dengan ditampilkannya produk anda dalam blog niche populer.
Dalam hal ini anda hanya perlu mengidentifikasi 3-5 blog yang pembacanya merupakan target pasar anda, selanjutnya anda dapat menghubungi pencipta atau pemilik blog-blog tersebut dan menawarkan beberapa ide tentang bagaimana Anda ingin menyampaikan sesuatu kepada pembaca nya.  Dalam hal ini anda dapat:
  • Menawarkan kepada pemilik blog niche beberapa produk atau layanan gratis yang dapat mereka berikan kepada para audiens atau pembaca blog mereka sebagai hadiah. Hal ini berbeda dari review produk yang hanya menawarkan informasi.
  • Mengirimkan tulisan blog yang menjelaskan tentang bagaimana para pemilik atau penulis blog sangat membantu para pembaca mereka.
  • Melakukan interview atau wawancara kepada pemilik blog tentang blog mereka dan situs anda. Hal ini akan bisa menarik pemilik blog untuk mempromosikan konten Anda karena mereka merasa anda sebagai pemerhati blog mereka.
4. Membuat video untuk YouTube
Dengan lebih dari 800 juta pengunjung per bulan, YouTube bisa menjadi platform yang kuat untuk pemasaran bisnis online. Untuk melakukannya, cukup dilakukan dengan membuat dan mem-posting video dari produk atau layanan jasa Anda.
Namun demikian, Video pemasaran yang Anda buat harus mencakup unsur-unsur berikut:
  • Sebuah judul dengan kata kunci yang tepat,
  • Sebuah pesan editorial yang singkat dan jelas,
  • Sebuah ajakan untuk bertindak (memberitahu pengunjung untuk melakukan sesuatu, seperti berlangganan ke saluran Anda).
Untuk membuat video pemasaran,  Anda cukup mengeluarkan sedikit uang untuk kamera kecil (pocket camera), peralatan pencahayaan dan perangkat lunak editing.  Selain itu, untuk menghemat biaya, Anda juga bisa memanfaatkan kamera yang ada pada smartphone Anda untuk membuat suatu video.
Untuk mengedit video, jika Anda memiliki Mac, misalnya, Anda harus sudah memiliki iMovie dalam aplikasi Anda. Bahkan jika Anda tidak memiliki Mac sekalipun, Anda dapat menemukan perangkat lunak online gratis atau pun menyewa editor profesional.
5. Menulis e-buku tentang Industri Anda
Melalui e-book, Anda tidak lagi membutuhkan perusahaan penerbitan atau puluhan juta rupiah untuk mendistribusikan buku pemasaran anda. Tujuan menulis dan meng-upload e-booka bukan untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan buku langsung tapi menggunakan e-book sebagai media pemasaran serta untuk mendorong pembaca untuk mengunjugi situs web Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk atau jasa anda.
Bagi pengusaha yang tidak memiliki waktu untuk menulis e-book, penulisan e-book bisa dilakukan dengan cara menyewa atau memanfaatkan jasa penulis profesional seperti Atok Sugiato atau lainnya yang dapat membantu Anda mengkonversi posting blog atau rekaman audio produk anda ke format buku.
Untuk harga e-book pemasaran anda yang anda jual, misalkan anda upload di Amazon, anda cukup menetapkan harga yang terjangkau misalkan Rp. 10.000 hingga Rp. 50.000 ($1-$5), atau bahkan anda gratiskan jika di download dari situs anda.
Oleh:
Ahmad As'ad
Konsultan IT Warung Edukasi